Beranda » Artikel Terbaru » Hal yang Akan Terjadi Jika Kurang Olahraga, Bahaya Tidak ya?

Hal yang Akan Terjadi Jika Kurang Olahraga, Bahaya Tidak ya?

Diposting pada 30 April 2019 oleh admin | Dilihat: 169 kali

Apa yang akan terjadi akibat kurang olahraga pada diri Anda? Sebuah penelitian dari Northwestern University menyebutkan bahwa cara terbaik untuk mencegah kenaikan berat badan dan menjaga agar metabolisme tubuh supaya bekerja secara sempurna adalah dengan melakukan olahraga.

Pagi adalah waktu yang paling tepat untuk  berolahraga, bisa menurunkan 20 persen berat badan, selain sinar matahari pagi yang baik untuk kesehatan.  Ternyata, masih banyak yang mengabaikan olahraga. Padahal ada beberapa dampak buruk yang akan dirasakan bagi orang yang malas berolahraga.

Jika Seseorang Kurang Olahraga

toko alat fitness

1. Memicu Datangnya Stres

Ketika jarang bergerak, seseorang ternyata lebih mudah terkena tekanan jiwa, kemudian memicu stres. Stres juga dapat menjadi pemicu timbulnya penyakit fisik lainnya. Para ahli telah menyampaikan, tingkat stres seseorang akan meningkat ketika tubuhnya jarang melakukan gerakan. Sebab, aktivitas olahraga akan melepaskan endorfin, yang membuat suasana hati Anda akan lebih baik atau bahagia.

2. Mengalami Gangguan tidur

Olahraga yang dijalankan secara rutin bisa mendorong pelepasan hormon dalam tubuh, sehingga tidur akan lebih nyenyak di malam hari. Sebaliknya, jika tubuh kurang aktif melakukan pergerakan, hanya sedikit energi yang digunakan tubuh. Akibatnya, Anda akan mudah terjaga lebih lama, atau mungkin sepanjang malam saat waktunya tidur karena kelebihan energi yang tak tersalurkan.

3. Darah Tinggi

Kurangnya aktivitas olahraga bisa memicu datangnya darah tinggi. Karena, saat tubuh tidak digerakkan sirkulasi darah menjadi tidak lancar. Karena itu, tekanan darah tinggi bisa menyebabkan munculnya penyakit jantung, stroke, kerusakan pada ginjal, dan penyakit membahayakan lainnya.

4. Metabolisme Lambat

Kecepatan metabolisme tubuh akan  lebih melambat jika tubuh kurang olahraga, sehingga Anda makin malas bergerak dan tak berenergi. Salah satu akibat dari melambatnya metabolisme tubuh, Anda akan lebih gampang gemuk, sehingga bisa meningkatkan munculnya berbagai risiko penyakit lainnya.

5. Osteoporis

Akibat malas berolahraga juga dapat menyebabkan tulang Anda mudah terkena osteoporosis. Kurangnya bergerakabisa membuat kondisi tulang lambat laun akan melemah. Malas bergerak atau tidak berolahraga bisa meluruhkan otot-otot tulang. Lebih lanjut, Anda akan berisiko menderita osteoporosis, atau pengeroposan tulang lebih cepat.

6. Menyebabkan Kegemukan atau Obesitas

Masalah obesitas juga selalu berkaitan dengan kurangnya olahraga. Orang yang malas bergerak akan membuat lemak dalam tubuhnya terus menumpuk dan tertimbun, sehingga secara konstan akan membuat berat badan  meningkat.

Karena itu, Anda perlu rutin berolahraga dengan durasi yang cukup, sehingga kalori dan tumpukan lemak di dalam tubuh akan lebih cepat terpakai, sehingga berat tubuh lebih terkontrol dan mendapatkan manfaat olahraga.

7. Tubuh Menjadi Kurang Fit

Efek samping  yang akan Anda dapatkan jika kurang olahraga selanjutnya adalah kondisi badan Anda akan menjadi terasa kurang fit.

Padahal, badan yang fit dan juga segar bugar merupakan kunci dari segala aktivitas yang Anda lakukan setiap hari. Ketika badan Anda terasa kurang fit dan juga kurang segar, maka tentu saja hal ini akan membuat setiap aktivitas yang Anda jalan setiap harinya akan menjadi sangat membosankan dan juga tidak menarik. Selain itu, kurang olahraga pun akan membuat produktifitas Anda dalam melakukan pekerjaan menurun.

8. Badan Selalu Terasa Pegal dan Sakit

Akibat kurang olahraga tentu saja menyebabkan diri Anda akan menjadi mudah merasa pegal dan  selalu terasa sakit. Misalnya, ketika Anda harus berjalan kaki, maka kaki Anda akan mudah merasa pegal dan juga sakit.

Begitu pula bagian tubuh Anda yang lainnya. Sedangkan jika seseorang rajin berolahraga maka secara tidak langsung tubuh pun akan terlatih untuk  terus bergerak dan tidak mudah merasa pegal apalagi sakit.

Bagikan informasi tentang Hal yang Akan Terjadi Jika Kurang Olahraga, Bahaya Tidak ya? kepada teman atau kerabat Anda.

Hal yang Akan Terjadi Jika Kurang Olahraga, Bahaya Tidak ya? | Toko Alat Fitness

Komentar dinonaktifkan: Hal yang Akan Terjadi Jika Kurang Olahraga, Bahaya Tidak ya?

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Best Seller
QUICK ORDER
Sparepart Alat Fitness Thimble Heavy Duty Wire Rope 5mm / kausen Tali Sling

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

TOKO ALAT FITNESS Rp 50.000
Ready Stock / SPT167
Best Seller
STOK HABIS
Body Gym Dumbell Fix Rubber 7.5kg

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

BODY GYM INDONESIA Rp 597.500
Habis / DFR3
Rp 597.500
Habis / DFR3
Best Seller
QUICK ORDER
Body Gym Dumbell Rubber Hex 4kg

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

BODY GYM INDONESIA Rp 286.000
Ready Stock / DRH16
Rp 286.000
Ready Stock / DRH16
SIDEBAR