Beranda » Artikel Terbaru » Aturan Serta Cara Berlatih Body Building

Aturan Serta Cara Berlatih Body Building

Diposting pada 30 April 2019 oleh admin | Dilihat: 175 kali

Memiliki tubuh yang sehat merupakan keinginan setiap orang. Hal itu merupakan kunci utama untuk mendapatkan kehidupan yang sehat dan terhindar dari segala macam jenis penyakit salah satunya dengan melakukan olahraga. Tak jarang, orang melakukan olahraga demi menjadikan penampilan meraka menarik, yaitu dengan membentu otot-otot tubuh dengan aktivitas fitness bahkan sampai melakukan bodybuilding. Lalu apa itu body building dan tujuannya untuk apa?

Memahami Apa Itu Body Building

toko alat fitness

Memiliki bentuk dan tubuh yang ideal bukanlah suatu hal yang sulit jika dilakukan dengan tekun dan sungguh-sungguh. Biasanya jika berbicara tentang bentuk tubuh ideal, hal tersebut tidak jauh dari pembentukan otot tubuh.

Beberapa dari Anda barnagkali sedikit bingung tentang pengertian serta arti body building itu sendiri. Namun, jika didefiniskan secara umum, istilah bodybuilding digunakan sebagai penambahan massa otot dan menyingkirkan lemak tubuh dan secara bersamaan untuk dapat memperbaiki tingkat kebugaran fisik di tubuh.

Dalam hal ini Anda dapat mengartikan bahwa body building bukan hanya salah satu cara memuat badan kekar dan terlihat ideal, melainkan juga bisa menjadi olahraga kebugaran yang Anda lakukan di rumah di sela-sela waktu yang padat.

Aturan dalam Body Building

toko alat fitness

Setelah Anda mengetahui apa itu body buildung, terlepas dari seluruh kegiatan pembentukan otot dalam hal tersebut, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang aturan body building yang penting, di antaranya:

1. Variasi

Hal utama yang mesti diingat dalam bodybuilding adalah variasi.  Ada berbagai variasi dalam aktivitas bodybuilding, baik dari cara latihan, pola makan, dan juga hal lainnya. Artinya, dalam melakukan variasi tubuh kita dapat dengan cepat menyesuaikan terhadap segala sesuatu.

2. Menentukan sasaran

Menentukan sasaran harus diikuti dengan monitoring dan perbaikan. Namun perlu Anda perhatikan bahwa Anda  jangan memaksakan diri Anda untuk mencapai sasaran serta goal yang Anda tuju. Harus diingat bahwa tidak ada cara membesarkan otot secara instan, semua membutuhkan proses dan ketekunan.

Namun, hal ini dilakukan bukan berarti harus memaksakan diri. Memaksakan diri hanya akan meningkatkan resiko cidera, kenaikan kostirol, serta overtraining yang dapat mengakibatkan hal yang lebih buruk, sepeti sulit tidur dan kelelahan.

3. Tak Semua Suplemen Dibutuhkan

Banyak yang menganggap bahwa semua vitamin fitness atau suplemen pembentuk otot sama manfaatnya. Bahkan ada yang menganggap sebagian di antaranya lebih baik. Hal ini adalah pikiran yang keliru. Pikirkan baik-baik apa Anda membutuhkannya atau tidak.

Bahkan, suplemen tidak terlalu diperlukan dalam bodybulding. Kecuali apabila Anda benar-benar membutuhkannya. Tapi ada kalanya Anda membutuhkan variasi. Selain menggunakan suplemen, Anda bisa menggantinya dengan makanan lainnya yang mengandung banyak nutrisi lain dan vitamin fitness, terutama protein.

Bagaimana Cara Berlatih Body Building?

toko alat fitness

Seperti yang kita tahu, tujuan utama dari body building adalah membangun masa otot dimana otot harus berukuran besar dan kering sehingga terlihat ‘stand out’ saat berkompetisi.

Tentunya, untuk memperoleh masa otot seperti yang Anda inginkan adalah dengan melakukan berbagai latihan, seperti dengan pola latihan repetisi rendah dengan beban maksimum. Pada umumnya, bodybuilder cenderung mendorong otot mereka untuk menambah beban sampai titik failure. Sehingga saat recovery otot yang ‘rusak’ saat latihan akan berkembang.

Body Building Estetika dan Body Building Calisthenic

toko alat fitness

Dalam dunia bodyb uilding, terdapat dua istilah, yakni body building estetika dan calisthenic. Berikut ini adalal perbedaan di antara keduanya:

  • Bodybuilding Estetika => sebagai jenis bodybuilding yang hnaya fokus untuk pembentukan tubuh yang sempurna. Yang di maksud sempurna pada konteks ini adalah merujuk pada bentuk tubuh yang terlihat simetris dan setegas mungkin.
  • Bodybuilding Calisthenic => terdiri dari latihan-latihan yang dilaukan tanpa harus menambahkan beban. Latihannya dapat dilakukan hanya sebatas rutinitas yang berdiri sendiri atau dirancang sebagai bagian dari program penurunan berat badan, body building atau kebugaran.

Bagikan informasi tentang Aturan Serta Cara Berlatih Body Building kepada teman atau kerabat Anda.

Aturan Serta Cara Berlatih Body Building | Toko Alat Fitness

Komentar dinonaktifkan: Aturan Serta Cara Berlatih Body Building

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Best Seller
QUICK ORDER
Body Gym Smartphone Arm Band 6G, Kuning

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

JUAL ALAT FITNESS Rp 75.000
Ready Stock / ASSAP10
Rp 75.000
Ready Stock / ASSAP10
STOK HABIS
Gloves MMA Red-Black Berwyn

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

JUAL ALAT FITNESS Rp 360.000
Habis / ASST38
Rp 360.000
Habis / ASST38
Popular!
STOK HABIS
Siken Power Exsercise Wheel

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

BODY GYM INDONESIA Rp 210.000
Habis / ASSEW7B
Rp 210.000
Habis / ASSEW7B
SIDEBAR