Beranda » Artikel Terbaru » Bolehkah Berolahraga Saat Hujan?

Bolehkah Berolahraga Saat Hujan?

Diposting pada 27 January 2020 oleh Sukses100m | Dilihat: 225 kali

 

Terlebih boleh atau tidaknya olahraga saat hujan itu tergantung bagaimana mengartikan kondisi hujan itu sendiri. Olahraga sendiri adalah untuk beraktivitas dengan melakukan kegiatan yang menyehatkan dan kegiatan itupun sangat dianjurkan. Hujan bukan halangan kita untuk berhenti beraktivitas, maupun berolah-raga, semua kembali lagi kepada pribadi masing-masing. Berolah-raga saat hujan dipersilahkan, bisa dilakukan dioutdoor dengan peralatan yang dimiliki. Dan jika tidak mempunyai peralatan, mereka bisa berolah-raga di indoor seperti dalam rumah, halaman rumah, dan tempat yang tertutup hujan.

Seperti contoh yang dilakukan oleh sekelompok peneliti di Jepang telah memublikasikan sebuah riset di International Journal of Sports Medicine. Dalam penelitiannya, mereka menguji tujuh orang pria untuk berlari dalam cuaca dingin (saat situasi hujan) dan saat situasi cerah selama 30 menit. Beberapa indikator yang mereka nilai ialah pola nafas, suhu kulit, konsumsi oksigen, aktivitas otot dan level stress. Hasilnya mengejutkan. Tanpa disangka, mereka yang beraktivitas di tengah hujan merasa lebih bugar dan membakar kalori lebih banyak dibanding mereka yang berolahraga dalam cuaca normal.

Jadi, berolahraga saat hujan tentu boleh-boleh saja, hanya ada beberapa tips yang harus diketahui. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya:

  1. Periksa intensitas curah hujan

Ketika ingin berolahraga saat hujan, pastikan kamu melihat intensitas curah hujan diluar rumah. Jika cuaca masih bisa memungkinkan olahraga, mengapa tidak? Hal yang harus dipastikan adalah tingkat hujan. Ketika Anda berolahraga masih dalam tingkat yang normal. Anda akan lebih gampang berlari serta melakukan aktivitas fisik lainnya, ketika sedikit gerimis, daripada berlari di tengah hujan badai.

2.   Perlengkapan Anti Hujan

Jangan karena gara-gara hujan, artinya seluruh tubuh Anda harus basah terkena air dari langit. Tentunya Anda juga harus punya beberapa perlengkapannya, seperti menggunakan jaket parasut yang tahan air serta tahan angin. Tujuannya jelas agar tubuh Anda akan tetap terasa hangat ketika berolahraga di luar.

3. Jauhi Jalan Raya dan Jalanan Berlumpur

Menghindari jalan raya dan jalan yang berlumpur sudah pasti karena lebih aman, Anda juga tidak terkena cipratan ataupun genangan air dari kendaraan yang melintas. Carilah komplek atau trotoar di pinggir jalan agar lebih mudah berlari. Pastikan juga jika jalan yang akan dilalui tidak rusak, karena situasi pandangan yang sedikit gelap juga akan menganggu penglihatan saat sedang berlari. Selain itu, sudah jelas juga jangan berlari di jalanan yang berlumpur dan becek. Mungkin, ada yang mengira dengan melintasi jalanan berlumpur akan memberikan sensasi tersendiri.

  1. Air Hangat

Agar kondisi tubuh kembali tetap fit dan bugar setelah berolahraga di saat sedang hujan, mandilah dengan air hangat. Dengan air hangat, maka aliran darah dan sirkulasi akan menjadi lancar. Jaringan, tendon, sendi, dan otot pada tubuh Anda akan lebih rileks setelah terkena air hangat.

Yuk marilah kita berolahraga walaupun kondisi cuaca sedang tidak kondusif, tetapi badan dan tubuh kita harus sehat dan tetap terjaga dengan mengeluarkan keringat dengan cara berolahraga. Cuaca bukanlah penghalang bagi kalian yang ingin tetap berolahraga.

Bagikan informasi tentang Bolehkah Berolahraga Saat Hujan? kepada teman atau kerabat Anda.

Bolehkah Berolahraga Saat Hujan? | Toko Alat Fitness

Komentar dinonaktifkan: Bolehkah Berolahraga Saat Hujan?

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Popular!
QUICK ORDER
Timbangan Body Scale With Lcd Display Bluetooth Pink Body Gym

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

JUAL ALAT FITNESS Rp 1.350.000
Ready Stock / ASSTB10
Best Seller
QUICK ORDER
Girl’s Gym Headbands 3 Pack Pink/Black/Blue/Domyos

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

TOKO ALAT FITNESS Rp 80.000
Ready Stock / ASSAO23A
Popular!
QUICK ORDER
Kettler Bike Rotus M-LA

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

BODY GYM INDONESIA Rp 6.775.000
Ready Stock / KMG96
Rp 6.775.000
Ready Stock / KMG96
SIDEBAR