Gak Nyangka! 20 Manfaat Jongkok Yang Ternyata…

manfaat jongkok

Apa postur tubuh favorit manusia? Mungkin duduk bersilang atau berbaring. Tapi tahukah kamu, ada satu postur yang mempunyai berbagai manfaat ajaib bagi tubuh kita loh! Postur ini bahkan dapat mengurangi akumulasi lemak pada paha, betis, dan pinggang. Selain itu, postur ini juga menyehatkan badanmu.

Nah penasaran dong apa sih postur tubuh manusia yang banyak banget manfaatnya? Jongkok! Simak Berikut ini

Gambar terkait

1. Jongkok dapat memperkuat kaki dan seluruh tubuh

Berjongkok memiliki kemampuan unik untuk mendorong perkembangan otot di seluruh tubuh Anda. Karena jongkok adalah momen gabungan yang merekrut sekitar 70% dari massa otot tubuh Anda, testosteron alami, hormon pertumbuhan, dan hormon anabolik (pembangun) lainnya.

Hormon anabolik alami ini dikeluarkan untuk tujuan membantu tubuh Anda membangun otot. Jadi, jangan abaikan jongkok karena itu cara alami untuk meningkatkan kemampuan Anda membangun otot.

2. Jongkok meningkatkan sirkulasi darah

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Heart Journal mengatakan bahwa berjongkok dari posisi berdiri dapat meningkatkan tekanan darah arteri, kerja jantung, dan volume darah sentral pada subjek normal.

Sederhananya, jongkok membuat darah bergerak dan mengalir ke seluruh tubuh Anda dengan cara yang lebih efisien. Sirkulasi darah yang baik sangat penting untuk kesehatan yang baik karena darah membawa oksigen ke otak dan semua bagian tubuh lainnya. Sedangkan sirkulasi yang buruk dapat menyebabkan diabetes, penyakit tiroid, hipertensi, dan obesitas.

3. Mencegah dan menyembuhkan kencing bersin (urinary incontinence)

Saat hendak berkemih terasa sakit dan ngilu bahkan bersinpun menyebabkan ngompol sesaat, ini adalah penyakit yang sering dialami oleh kaum hawa apalagi bagi mereka yang jarang sekali jongkok dalam kesehariaannya. Penyakit ini sering dihubungkan dengan infeksi saluran kemih yang diatasi dengan antibiotik namun sesungguhnya solusi jangka panjang untuk keadaan ini adalah berjongkok alias senam jongkok.

Hasil gambar untuk manfaat jongkok

4. Meredakan sakit punggung atas, bawah, samping kiri, samping kanan

Tulang punggung yang kuat baik untuk kesehatan dimana salah satu latihan untuk melakukannya adalah dengan berjongkok. Saat punggung terasa sakit dan keram disetiap bagian-bagiannya yang berbeda. Cobalah untuk menyempatkan 3 sampai 4 kali untuk melakukannya dalam sehari. Tulang punggung yang sehat dan bebas dari rasa sakit akan membuat anda lebih nyaman saat beraktivitas.

5. Mencegah dan mengatasi sakit pinggang karena kebanyakan duduk

Saat anda terlalu lama duduk niscaya otot disekitar pinggang akan terasa sakit bukan kepayang. Satu-satunya cara untuk mengurangi kejadian ini yaitu dengan melakukan senam jongkok selama beberapa waktu saat pinggang sedang sakit. Namun meskipun demikian kami menganjurkan bagi anda yang lebih sering mengalaminus untuk tutin mengkonsumsi air putih setidaknya 2 Liter perhari (8 – 10 gelas).

6. Meredakan rasa keram di kaki setelah berjalan/ berlari cukup jauh

Ketika anda menempuh perjalanan yang cukup panjang untuk tujuan tertentu, misalnya saat sedang jogging, mengikuti perlombaan antar kampung, saat hari Hut Kemerdekaan RI atau event-event lainnya. Perjalanan yang sangat jauh dapat membuat kedua kaki terasa keram yang disebabkan oleh jauhnya jarak yang telah dilalui (maraton) dan asupan elektrolit yang telah menipis karena keringat yang telah keluar terlalu banyak. Cara cepat untuk mengatasi keram karena hal ini yaitu dengan melakukan jongkok selama beberapa waktu hingga rasa sakit itu pergi begitu saja.

Tidak lupa kami menyarankan anda untuk memperhatikan asupan garam dapur harian sesuai dengan kebutuhan sehari-hari. Sebab salah satu manfaat NaCl adalah mengurangi ketegangan otot dan membuatnya lebih rileks.

 

Gambar terkait

7. Mencegah dan menyembuhkan nyeri tulang ekor – Mencegah syaraf terjepit

Nyeri dibokong bagian belakang yang sering diderita oleh pekerja kantoran disebabkan karena otot dasar panggul yang tidak kuat menahan beratnya tulang punggung. Otot dasar panggul yang kuat mencegah dan mengobati radang tulang ekor yang nyeri bahkan kadang ngilu. Jika memang tidak ada kesempaatan untuk berjongkok, lakukanlah senam jongkok secara rutin setiap hari.

8. Kaki lebih kuat

Kaki yang kuat lebih baik daripada tangan yang kuat. Kekuatan kaki berhubungan dengan kuda-kuda, keringanan dan keseimbangan dalam berjalan. Kekuatan otot betis dan paha dapat dimaksimalkan dengan senam jongkok gantung alias kuda-kuda. Bagi teman-teman yang berencana untuk masuk “Anggota”, bagus untuk melakukan senam ini.

9. Menghilangkan kaki keram

Jika anda terlalu lama berdiri, setelah apel pagi, saat memasak atau melakukan pekerjaan tertentu. Kaki akan terasa keram pada otot-otot di sekitar betis dan paha. Saat hal ini terjadi, alangkah baiknya jika anda berjongkok 2 sampai 3 kali untuk membuat otot-otot disana lebih rileks lalu beristerahatlah sejenak dari aktivitas tersebut.

 

Hasil gambar untuk manfaat jongkok

10. Menurunkan resiko naik betis

Naik betis adalah penyakit yang sering diderita oleh kaum pria karena pria jarang sekali jongkok (kecuali BAB). Oleh karena otot-otot betis hanya dioptimasi untuk berjalan dan melompat. Padahal otot-otot betis juga perlu mengerut dan kembali pada posisi rileks itulah saat melakukan latihan jongkok.

11. Menurunkan resiko varises

Varises juga merupakan penyakit yang dialami oleh kebanyakan laki-laki kerena tidak pernah jongkok juga wanita yang terbiasa menggunakan toilet duduk ketika buang air. Dengan sering latihan jongkok anda terhindar dari varises.

12. Memperkuat otot dasar panggul

Kekuatan otot dasar panggul adalah kunci untuk kesehatan saluran pembuangan (anus dan kemih) dan kesehatan reproduksi. Terutama bagi perempuan kekuatan otot dasar panggul sangat diperlukan dalam masa kehamilan dan juga dalam proses persalinan.

 

Gambar terkait

13. Bokong Lebih Berisi

Orang-orang yang menggunakan toilet jongkok lebih kuat panggul dan bokongnya lebih berisi dibandingkan orang-orang yang menggunakan toilet duduk. Jadi untuk membuat bokong lebih berisi, sering-sering jongkok teman.

14. Menghilangkan rasa panas, sakit dan kesemutan karena kelamaan duduk

Ini dirasakan para pekerja kantoran yang sebagian besar jam kerjanya dihabiskan dibelakang meja. Jika bokong mulai terasa panas, sakit dan kesemutan. Ada baiknya anda melakukan senam jongkok.

15. Memudahkan proses persalinan

Mengapa kebanyakan ibu di kota besar susah melahirkan dengan normal di bandingkan dengan para ibu yang tinggalnya di desa-desa? Karena otot dasar panggul yang lemah dimana mereka jarang berjongkok apalagi yang menggunakan toilet duduk pasti tidak pernah melakukanya. Kekuatan dasar otot panggul sangat menentukan kemampuan seorang ibu untuk melahirkan secara normal. Lihat wong deso, yang suka jongkok dimana urusan dapur (memasak) dan kamar mandi (menyuci) kental dengan posisi ini. Mereka juga lebih kuat saat bersalin, cukup dukun beranak yang datang bisa clear. Berjongkok itu penting.

Gambar terkait

16. Mencegah hernia

Penyakit ini dikarenakan lemahnya otot dasar pada perut untuk menahan isinya. Dengan rutin melakukan gerakan jongkok alhasil otot dibagian tersebut akan normal kembali bahkan lebih kuat lagi. Sehingga mampu menahan beban yang lebih besar. Oleh karena itu, posisi berjongkok sangat baik dilakukan oleh balita di rumah agar terhindar dari penyakit hernia.

17. Menurunkan Gula & Membakar Kolesterol

Saat melakukan senam ini anda akan merasakan kontraksi yang kuat di seluruh bagian tubuh terutama otot-otot di bawah pinggang. Kontraksi dan relaksasi yang terjadi inilah yang menjadi gerakan olah tubuh yang membakar lemak dan menurunkan kadar gula anda. Jika dilakukan secara rutin maka gula dan kolesterol yang pada awalnya berada di atas batas aman akan menjadi normal kembali. Olahraga ini juga dapat menjadi salah satu alternatif untuk membakar lemak & selulit diseputar bokong dan kaki anda.

18. Jongkok adalah bakat alami bawaan manusia

Alasan pertama mengapa jongkok itu penting karena jongkok adalah hal alami yang dimiliki manusia. Ya, hampir setiap hari rasanya kita tak lepas dari jongkok, mulai dari duduk hingga saat menggunakan toilet. Semakin banyak Anda membangun otot saat jongkok, yaitu paha depan, paha belakang, betis, dan perut, Anda akan mendapatkan fungsi otot secara normal dan bahkan secara optimal.

19. Jongkok meningkatkan mobilitas dan keseimbangan

Bagi sebagian orang, jongkok adalah hal yang sulit dilakukan terutama bagi orang-orang Barat. Itu dikarenakan mereka tidak terlatih atau tidak terbiasa hingga terasa sangat sulit dilakukan. Oleh karena itu, berjongkok dapat melatih diri untuk meningkatkan keseimbangan tubuh. Jika dirasa sulit untuk melakukannya, Anda bisa mulai berjongkok dengan menggunakan alat untuk membantu Anda.

20. Jongkok meningkatkan sirkulasi darah

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Heart Journal mengatakan bahwa berjongkok dari posisi berdiri dapat meningkatkan tekanan darah arteri, kerja jantung, dan volume darah sentral pada subjek normal.

Sederhananya, jongkok membuat darah bergerak dan mengalir ke seluruh tubuh Anda dengan cara yang lebih efisien. Sirkulasi darah yang baik sangat penting untuk kesehatan yang baik karena darah membawa oksigen ke otak dan semua bagian tubuh lainnya. Sedangkan sirkulasi yang buruk dapat menyebabkan diabetes, penyakit tiroid, hipertensi, dan obesitas.