Daftar Gambar Alat Olahraga untuk Latihan Fitness

Ketika pertama kali memasuki gym atau pusat kebugaran, apa hal yang pertama Anda bayangkan? Adakah Anda mendapati beragam gambar alat fitness yang sebelumnya tak pernah Anda lihat? Selain itu, Anda bingung tentang cara kerja serta kegunaan alat tersebut. Hal itu pasti kerap dialami oleh pemula pada umumya. Namun jangan khawatir, jika Anda mencari tahu sebelumnya tentang gambar peralatan di tempat fitness, Anda tak akan bingung. Maka dari itu, artikel ini akan menyajikan beberapa peralatan fites beserta cara kerjanya.

Barbell untuk Melatih Otot

gambar alat fitness

Barbell adalah salah satu alat fitness yang sangat umum digunakan. Barbell sendiri merupakan besi yang memiliki panjang sekitar 4 sampai dengan 7 kaki (Sekitar 1,2 – 2,1 meter) yang pada tiap ujungya bisa dipasangkan weight plates untuk menambahkan beban pada saat diangkat. Fungsi serta cara kerja barbell adalah untuk dapat melatih otot-otot tubuh Anda, di antaranya adalah untuk melatih otot dada (Bench Press), melatih otot bahu (Shoulder Press), melatih otot kaki Squat), dan melatih otot punggung (Back).

Banyak sekali tempat fitness yang menyediakan barbell  dengan berbagai macam ukuran dan bebannya untuk kebutuhan latihan otot Anda. Selain mendatangi gym, jika Anda ingin melatih otot di rumah, Anda dapat memperoleh alat tersebut di toko alat fitness. Pada umumnya, harga barbell yang dijual di pasaran memiliki panjang 1,5 meter hingga 1,82 meter dengan ketebalan 1 inchi.

Dumbbell (barbell pendek) untuk Melatih Otot

gambar alat fitness

Fungsi serta cara kerja dumbbell itu hampir sama, yakni melatih otot-otot tubuh. Hanya saja, alat ini tidak memiliki beban yang lebih berat dari barbell. Ukuran alat olahraga yang satu ini umumnya memiliki 10 sampai dengan 15 inchi.

Alat yang satu ini juga dikenal sebagai peralatan yang paling fleksibel di antara perlatan olahraga fitness yang lainnya karena latihan yang dilakukan menggunakan dumbbell hanya dengan mengangkatnya oleh satu atau kedua tangan. Selain itu dengan alat ini juga Anda dapat melatih hampir seluruh otot yang ada pada tubuh Anda, di antaranya melatih otot bahu (shoulder press dumbbell), melatih otot dada (dumbbell chest press), melatih otot kaki (Goblet Squat), serta melatih otot punggung (bent-over one arm dumbbell rows).

Treadmill untuk Melatih Kecepatan Berlari

gambar alat fitness

Treadmill merupakan salah satu alat fitness yang cukup populer. Hampir setiap gym atau pusat kebugaran meyediakan alat tersebut. Selain itu, Anda dapat menemukan alat olahraga yang satu ini pada beberapa toko fitness baik secara online maupu secara langsung. Fungsi dan gunanya treadmill itu sendiri adalah untuk melatih kecepatan berjalan atau berlari tanpa perlu berpindah tempat. JTerdapat dua jenis treadmill dengan fungsi da kegunaan yang hampir sama.

Push Up Grip untuk Membatu Latihan Push Up

gambar alat fitness

Anda pasti telah mengetahui apa fungsi push up grip yang sesuai dengan namanya, yaitu untuk membatu Anda dalam melakukan latihan push up. Menggunakan alat ini, Anda dapat melatih diri dalam pembetukan otot dada. Selain itu, dengan push up grip latihan push up akan lebih intes karena dada aka semakin tertekan di saat Anda melakukannya.

Sepeda Statis untuk Pembentukan Otot Kakijual sepeda statis

Alat fitness sepeda statis memiliki fungsi untuk membetuk otot kaki serta membatu Anda dalam meningkatkan kebugaran pada saat berolahraga. Terdapat beberapa tipe sepeda statis, di antaranya adalah:

  • Tipe Spinning: sepeda statis yang satu ini didesain khusus bagi orang yang suka sekali melakukan kegiatan bersepeda, namun ingin berlaih lebih keras.
  • Tipe Magnetic: digunakan bagi orang yang ingin melakukan olahraga fitness yang lebih ringan, namun manfaatnya bagi kesehata tubuh masih tetap bisa dirasakan.
  • Tipe Platinum: sepeda statis khusus bagi orang yang melakukan latihan olahraga yang lebih ringan.

Itulah beberapa gambar alat fitness yang dapat Anda jumpai jika datang ke pusat kebugaran atau gym.