Hal Yang Membuat Tubuh Kita Gemuk

Makan, minum, olahraga, bekerja, sampai tidur merupakan kegiatan yang menjadi hal default bagi setiap manusia. Kegiatan-kegiatan ini sudah menjadi bagian dari manusia yang tak bisa terlewatkan.

Namun, sadarkan kamu, diantara kegiatan-kegiatan yang kita lakukan itu terselip sejumlah kebiasaan yang tanpa disadari akan menambah berat badan kita? kebiasaan yang tanpa kita sadari akan membuat kita bertambah gendut.

Hasil gambar untuk tidak fokus makan1. Tidak fokus makan
Jika Anda pernah mendengar tentang Zen Moment, Anda pasti tahu bahwa, “Ketika makan, hanya makan saja.” Sering kali otak kita berkelana kemana-mana ketika melakukan sesuatu, salah satunya ketika makan. Makan dilakukan sambil menonton televisi akan membuat kita lupa diri, secara tak sadar kita memasukkan makanan ke dalam mulut lagi dan lagi. Kita pun tidak sadar rasa makanan yang kita makan. Bahkan satu kantung pop corn asin dapat lenyap dalam hitungan detik. Fokus pada makanan, rasa dan setiap kunyahannya dapat membuat kita sadar jika sudah kenyang.

Gambar terkait2. Insomnia, Kurang tidur
Ketika Anda kurang tidur, hormon kortisol akan diproduksi, dan hormon ini bisa mengatur rasa ingin makan. Anda pun akan merasa lapar ketika kurang tidur, walaupun sebenarnya dalam keadaan kenyang. Kurang tidur juga meningkatkan penyimpanan lemak dalam tubuh.

Hasil gambar untuk makan manis3. Makan setelah makan malam, kesukaan banget nih!
Masih menurut Kathleen Zelman, makan setelah makan malam adalah kebiasaan yang harus diubah, apalagi jika Anda melibatkan makan makanan manis, seperti kue cokelat. Sebaiknya Anda mengganti kebiasaan tersebut dengan teh hangat, atau makanan dengan kalori rendah.

Hasil gambar untuk kurang minum air putih4. Kurang minum air putih
Minum air putih yang cukup dapat membuat Anda terlihat muda dan sehat. Selain itu, sistem pencernaan dapat berjalan dengan baik. Menurut Molly Kimball, seorang penulis nutrisi di New Orleans, terkadang tubuh salah mengartikan rasa letih menjadi rasa lapar. Rasa letih dapat disebabkan oleh dehidrasi. Penelitian November 2008, menyebutkan adanya kaitan peningkatan asupan air dan peningkatan penurunan berat badan. Peneliti Virginia Tech menemukan bahwa seorang yang menjalani diet minum delapan gelas dua kali lipat sehari sebelum waktu makan, membuat berat badannya turun sekitar 3 kg.

Hasil gambar untuk gak mood5. Berpergian dengan perut lapar!
Bukanlah kombinasi yang baik jika Anda pergi berbelanja dalam keadaan lapar. Anda akan berakhir membeli dan memakan banyak makanan. Ketika merasa lapar, otak akan menerima sinyal rasa ingin memakan sesuatu yang distimulasi oleh hormon ghrelin, sehingga mengirimkan sinyal untuk membeli apa saja yang Anda lihat. Tipsnya adalah makan sesuatu sebelum pergi berbelanja. Paling tidak, Anda sudah mengisi perut Anda.

Hasil gambar untuk makanan6. Memakan apa pun yang ada, bukan lemari juga ya guys!
Hal ini sering kali tidak disadari, ketika Anda bekerja atau berada di bandara, walaupun tidak dalam keadaan lapar, Anda memakan apa pun yang ada di meja Anda sebagai distraksi atau kegiatan saat menunggu di bandara. Kadang makanan yang dikudap tersebut tak sehat, seperti gorengan, makanan kemasan, dan makanan manis; tidak hanya makanan tersebut mengandung kalori yang tinggi, namun juga dapat menyebabkan kolestrol dan diabetes. Jika Anda memang sering merasa lapar saat bepergian, Anda bisa membuat sendiri sandwich yang sehat. Anda juga bisa menyiapkan buah-buahan yang telah dipotong-potong, smoothie, atau camilan sehat lainnya.

Hasil gambar untuk minuman kalori tinggi

7. Minuman yang mengandung kalori tinggi
Liquid calories biasanya terdapat dalam soda dan minuman yang beralkohol. Selain itu, Anda juga perlu menghindari kopi blended yang ditawarkan di kedai kopi, karena biasanya akan ditambahkan whip cream yang terbuat dari putih telur. Protein memang dapat membuat tubuh Anda merasa kenyang, namun whip cream sudah dicampur dengan susu dan bahan-bahan lainnya, tanpa disadari kalori yang masuk ke tubuh Anda pun banyak. Anda bisa menggantinya dengan diet soda atau light beer.

Gambar terkait

8. Gak biasa sarapan! benarkan?
Tubuh membutuhkan energi, setelah berpuasa selama semalaman, metabolisme Anda membutuhkan makanan. Menahan lapar, tubuh akan memproduksi hormon ghrelin, dan rasa lapar distimulasi oleh hormon ini. Sedangkan yang Anda perlukan adalah hormon leptin, sebab rasa kenyang distimulasi oleh hormon ini. Ketika lapar berlebihan, akibatnya Anda akan makan-makanan yang berlebihan di siang hari. Jika aktivitas Anda hanya di dalam ruangan, kalori akan disimpan di dalam tubuh. Anda perlu membakarnya.

Hasil gambar untuk minuman manis9. Hobi minum susu soda yang menyegarkan dan minuman manis lainnya.
Minuman manis seperti susu soda, cendol, sampai minuman bersoda memang enak. Siapa yang bisa menyangkalnya. Namun, kandungan glukosa yang terlampau tinggi bisa menambah berat badanmu. Konsumsi yang berlebihan akan membuatmu “lupa diri” dan kaget setelah melihat timbangan.

Hasil gambar untuk tidr abis makan

10. Setelah seharian kerja, kamu langsung makan dan tidur.
Percaya atau tidak terserah pada dirimu sekarang. Memang tak dapat dipungkiri, merupakan hal alamiah karena tubuh kita sudah lebih rileks ketika diberi asupan. Namun, kebanyakan orang terlena dan tidur, terutama setelah makan malam. Justru tidur setelah makan dapat memperlambat proses pencernaan yang menyebabkan kembung. Kemudian, hal tersebut berujung pada kenaikan berat badan.

Sebaiknya kita menunggu dua jam setelah makan, agar proses pencernaan bisa kembali normal. Atau kita bisa makan malam dua jam sebelum waktu tidur kita.

Bagaimana? Banyak ya ternyata. Nah, mulai sadari diri untuk melakukan olahraga kecil juga sudah akan membantumu dalam menjaga kondisi tubuh.