Beranda » Artikel Terbaru » Inilah Jenis – Jenis Alat Fitness dan Fungsinya. Apa Saja Ya Jenisnya?

Inilah Jenis – Jenis Alat Fitness dan Fungsinya. Apa Saja Ya Jenisnya?

Diposting pada 25 April 2019 oleh admin | Dilihat: 445 kali

Bagi Anda yang sering sekali berkunjung ke fitness center atau pusat kebugaran, tentu sering melihat berbagai macam jenis alat fitness berdasarkan fungsinya. Di sana, Anda dapat menggunakan peralatan untuk menunjang latihan Anda. Selain itu, pada umumnya terdapat dua jenis atau kategori alat-alat fitness yang bisa Anda gunakan untuk melakukan latihan kebugaran, yaitu alat angkat beban dan mesin latihan.

Jenis Alat Fitness Berdasarkan Fungsinya untuk Angkat Beban (Freeweight)

khusus toko alat fitness

Disebut freewight karena alat-alat dalam kategori ini berupa beban yang dapat digerakkan secara bebas tanpa terikat pada kabel atau benda lainnya. Alat fitness yang digunakan untuk angkat beban merupakan sejenis alat fitness yang menggunakannya adalah dengan cara mengangkatnya berdasarkan bobot beban yang dapat Anda angkat. Berikut ini adalah daftar jenis alat fitness berdasakan fungsinya khusus angkat beban:

1. Barbell

Berbel mrupakan alat fitness untuk angkat beban yang sering sekali digunakan untuk latihan pembentukan otot bagi orang-orang yang datang ke fitness center. Alat ini adalah besi panjang  dengan ukuran pada umumnya adalah sekitar 1,2 meter hingga 2,1 meter.

2. Dumbbell

Alat yang disebut dumbbell ini adalah alat yang memiliki fungshi yang nyaris sama dengan barbell (sejenis barbell). Dumbbell merupakan barbell dengan ukuran lyang ebih pendek dan kecil jika dibandingkan dengan barbell.. kira-kira, ukurannya adalah 10 sampai 15 inchi. Alat fitness dumbbell ini adalah untuk melatih hampir semua otot besar dan otot kecil tubuh Anda, terutama otot bagian lenganmu.

3. Bench

Bench merupakan tempat duduk yang bersifat fleksibel. Fungsinya adalah untuk melatih otot dada, bahu, punggung, serta otot-otot tubuh lainnya. Alat fitness untuk angkat beban ini terdiri dari 3 jenis yaitu bench datar (flat bench), bench menurun (decline bench), dan bench menanjak (incline bench).

4. Ez Curl Bar

Ez Curl Bar merupakan alat fitness yang memiliki ukuran lebih pendek daripada barbell. Selain itu, alat ini memiliki sudut pada stick atau batangnya yang memiliki fungsi untuk menempatkan posisi kedua tangan kita. Fungsi alat tersebut adalah untuk melatih otot lengan bicep dan tricep Anda.

Alat Fitness Body Weight Training Station

khusus toko alat fitness

Body weight training station pada umumnya ialah peralatan pendukung beberapa latihan tubuh atau  body exercise dimana tubuh Anda dijadikan sebagai bebannya. Alat  body weight training station ini didesain khusus untuk disesuaikan dengan anatomi dari tubuh manusia demi memudahkan penggunaan.

  • Dip bar => merupakan alat fitness yang bermanfaat sebagai penopang tubuh saat kita melakukan dip. Bentuknya adalah berupa dua buah batang pararel yang dipakai untuk berpegangan.
  • Sit up bench => merupakan alat yang bentuknya dirancang untuk melakukan sit up.
  • Swiss ball => berbentuk bola. perangkat fitness yang satu ini mempunyai manfaat dalam penggunaannya, terutama dalam melakukan berbagai macam gerakan dengan tambahan latihan keseimbangan.

Alat Fitness Mesin

khusus toko alat fitness

Selain alat fitness untuk angkat beban, ada juga alat fitness yang berupa mesin latihan. Berikut adalan beberapa peralatan fitnessnya:

  • Pectoral Machine => dirancang untuk mempekerjakan serta melatih bagian dada. Cara kerja alat ini adalah dengan mendorong gagang alat tersebut hingga berada di depan wajah Anda.
  • Smith Machine => sebagai penopang supaya gerakan Anda menjadi stabil ketika Anda tengah mangangkat barbel sehingga resiko cidera pun dapat terhindarkan.
  • Rowing Machine => merupakan mesin kardiovaskular yang cukup canggih. Anda harus mendorong dengan kaki, sementara menarik dengan lengan untuk mengoperasikannya. Namun, penggunaan mesin ini tidak disarankan untuk orang yang jarang berolahraga dan tidak fit.

Aksesoris Fitness

khusus toko alat fitness

Aksesoris fitness merupakan komponen alat fitness yang tidak memiliki manfaat khusus proses kebugaran saat melakukan latihan. Namun, alat ini hanya berfungsi sebagai hiasan atau aksesoris saja. Berikut ini adalah beberapa macam aksesoris fitness:

  • Sabuk Angkat Beban => digunakan untuk menyediakan perlindungan dan dukungan terhadap punggung bawah sehingga mampu memberikan kekuatan secara lebih maksimal.
  • Sarung Tangan => akan memberikan cengkraman yang lebih kuat sekaligus memberikan kenyamanan saat melakukan latihan angkat beban, latihan dengan dumbell, atau barbell.
  • Tali Pergelangan => berguna untuk menguatkan cengkraman saat menggenggam alat untuk latihan deadlifts, chin-up dan gerakan mengangkat bahu.

Bagikan informasi tentang Inilah Jenis – Jenis Alat Fitness dan Fungsinya. Apa Saja Ya Jenisnya? kepada teman atau kerabat Anda.

Inilah Jenis – Jenis Alat Fitness dan Fungsinya. Apa Saja Ya Jenisnya? | Toko Alat Fitness

Komentar dinonaktifkan: Inilah Jenis – Jenis Alat Fitness dan Fungsinya. Apa Saja Ya Jenisnya?

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Best Seller
STOK HABIS
Body Gym Flat Bench BGA6636

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

TOKO ALAT FITNESS Rp 3.600.000
Habis / BGA6636
Rp 3.600.000
Habis / BGA6636
Best Seller
QUICK ORDER
Kaisser Gymball 65 cm, Silver

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

JUAL ALAT FITNESS Rp 270.000
Ready Stock / ASSG32
Rp 270.000
Ready Stock / ASSG32
Best Seller
QUICK ORDER
SKINNERS Shocks Shoes Metal grey

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

TOKO ALAT FITNESS Rp 1.200.000
Ready Stock / ASSAF90
Rp 1.200.000
Ready Stock / ASSAF90
SIDEBAR