Memperkuat otot ?! Simak 12 manfaat menggunakan Sepeda Statis !

TOKO ALAT FITNESS-MANFAAT SEPEDA STATIS

TOKO ALAT FITNESS-MANFAAT SEPEDA STATIS

Selain olahraga lebih mudah dilakukan, manfaat sepeda statis bagi kesehatan luar biasa, lho. Dari atasi kolesterol, bahkan alzheimer.Bersepeda merupakan sebuah kegiatan olahraga dengan cara mengayuh. Dengan bersepeda, dapat menguatkan kaki, meningkatkan kesehatan dan membakar kalori.

Sekarang, olahraga ini bisa dilakukan di rumah, yakni dengan sepeda statis. Alat ini memiliki banyak manfaat, mulai dari mengurangi tingkat stres dan meningkatkan mood, hingga atasi penyakit berbahaya, lho!

Jadi apa saja manfaat sepeda statis untuk tubuh? Yuk, langsung simak fungsi sepeda statis yang perlu kalian ketahui!

1. Membantu mengurangi Kolestrol

Kolesterol terdiri dari kolesterol baik dan kolesterol jahat. Kolesterol jahat lah yang sebenarnya dapat menimbulkan risiko penyakit jantung.

Selama dalam kadar yang normal kolesterol tidak akan berbahaya. Maka dari itu, harus diketahui, bersepeda statis dapat menjaga kolesterol baik tetap tinggi dan menurunkan kadar kolesterol jahat.

2. Mengurangi Berat Badan

Jika kamu ingin menurunkan berat badan, sepeda statis bisa menjadi alat untuk membantumu membakar kalori dan lemak, bahkan meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh. Pembakaran kalori akan tergantung dari berat badan, beban, durasi dan, intensitas latihan.

Ketika beban latihan ditingkatkan maka jumlah kalori yang dibakar bisa meningkat walaupun pada intensitas dan durasi yang sama. Dengan olahraga ini, menurunkan berat badan bisa menjadi lebih efektif bergantung pada kondisi tubuh.

3. Menurunkan Risiko Diabetes 

Olahraga fisik yang mengedepankan daya tahan seperti sepeda statis dapat memberikan keuntungan bagi penderita diabetes. Diabetes ditandai dengan kelebihan gula dalam darah. Ketika bersepeda statis, otot akan menggunakan glukosa dan hasilnya, tingkat gula darah akan berkurang.

Selain itu, olahraga seperti ini memberikan keuntungan pada insulin dimana, insulin merupakan hormon yang dikeluarkan tubuh dan mengatur tingkat gula dalam darah. Bagi orang-orang yang mengalami diabetes, insulin tidak bekerja secara baik.

Dengan berolahraga secara rutin, dapat meningkatkan insulin yang bekerja untuk menurunkan gula darah.

4. Menyehatkan Jantung 

Jantung yang terlatih dengan baik berdetak lebih sedikit dan memiliki pacu jantung yang lebih rendah, baik saat beristirahat maupun saat kondisi latihan. Idealnya, tekanan darah yang menjamin sirkulasi darah di arteri, juga lebih rendah pada jantung yang sehat.

Orang-orang yang terbiasa berlatih memiliki kemungkinan terkena serangan stroke yang lebih sedikit. Diperlukan latihan yang rutin paling tidak 30-45 menit dalam 2 hingga 3 kali seminggu.

Sepeda statis merupakan olahraga yang ideal untuk melatih jantung dan lihat peningkatannya setelah kamu melatih diri dengan bersepeda statis.

5. Memperkuat Otot 

Berolahraga menggunakan sepeda statis tidak hanya baik untuk tubuh bagian bawah (kaki), tetapi juga tangan, perut dan punggung. Saat bersepeda bagian bawah tubuh pastinya akan bekerja lebih banyak.

Kemudian, bagian punggung akan mempertahankan posisi tubuh. Otot pada lengan pun juga bekerja walaupun lebih sedikit dari bagian tubuh lainnya. Ketika beban pada sepeda statis ditingkatkan, otot akan bekerja lebih keras, sehingga dapat membentuk otot.
Sedangkan, beban yang rendah pada sepeda statis baik untuk pemanasan dan membantu meningkatkan ketahanan.

6. Olahraga Ringan untuk Sendi

Olahraga ini sering direkomendasikan untuk rehabilitasi khususnya setelah cedera kaki atau pergelangan kaki. Sepeda statis adalah olahraga yang ringan dan halus untuk sendi yang dapat membantu memulihkan cedera.

Akan tetapi, tetap dibutuhkan instruksi atau konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

7. Mencegah Alzheimer dan Parkinson

Penting bagi seorang yang berumur 65 tahun ke atas untuk tetap aktif dan melakukan olahraga secara rutin. Banyak studi menunjukkan bahwa aktivitas fisik yang dilakukan secara rutin dapat mengurangi risiko penyakit menurun, seperti alzheimer atau parkinson (pikun)

Hal ini dapat dibuktikan karena, olahraga fisik menstimulasi beberapa area tertentu pada otak. Sepeda statis merupakan alat olahraga yang bisa dilakukan oleh hampir semua umur dari umur 9 hingga 99 tahun.

8. Baik untuk Pernapasan

Sebenarnya bersepeda biasa tidak dapat memperbesar kapasitas paru-paru. Namun, olahraga fisik seperti sepeda statis meningkatkan kerja otot jadi, otot memerlukan sedikit oksigen selama latihan dan memproduksi lebih sedikit karbon dioksida.

Sehingga ketika sudah terbiasa, kamu tidak akan mudah kehabisan napas dibanding yang jarang melakukan latihan bersepeda. Ditambah, jika dilakukan secara rutin akan membantu meningkatkan kapasitas pernapasan.

Karena frekuensi dan intensitas bernapas akan diatur secara lebih baik.

9. Meminimalisir Risiko Cedera

Ketika bersepeda ada kemungkinan untuk mengalami cedera dikarenakan persendian bisa mengalami tekanan besar, tergantung pada jalurnya.

Bahkan, jika melewati jalur yang sulit kamu bisa saja terjatuh dari sepeda. Sehingga, dengan menggunakan sepeda statis akan lebih aman dan juga minim akan kemungkinan cedera.

10. Umur Panjang

Olahraga rutin tidak hanya mencegah berbagai penyakit, menunda serta mengurangi berbagai gejala penyakit. Tetapi juga, mempertahankan efektivitas sistem imun dalam tubuh terutama bagi lansia.

Bersepeda secara rutin dengan sepeda statis dapat memperpanjang waktu hidup dan membuatmu lebih berumur panjang.

11. Meningkatkan Mood

Ketika kamu bersepeda dengan sepeda statis, tubuh akan mengeluarkan hormon yang disebut hormon endorfin dan serotonin. Kedua hormon ini disebut sebagai hormon bahagia, di mana akan membawa kebaikan bagi tubuh dan meningkatkan mood, juga mengurangi stres.

Kegiatan ini, bisa menjadi anti stres dan antidepresan sehingga membuat seseorang merasa lebih bahagia. Selain itu, dengan bersepeda statis bisa membantu untuk berhenti merokok.

Produksi endorfin dirangsang oleh kegiatan olahraga yang mengurangi gejala kecanduan sehingga dapat membantu perokok berhenti merokok.

12. Alternatif Berolahraga

Aktivitas dan jadwal yang padat seringkali menjadi penghalang untuk berolahraga di luar ruangan. Sepeda statis bisa menjadi alternatif bagi siapa saja yang sibuk dan memiliki waktu terbatas.

Alat olahraga ini pun juga cocok untuk anak-anak dan orang tua sekalipun. Walaupun jadwal padat, tubuh akan tetap fit dan tidak rentan akan penyakit.

Itulah 12 Manfaat yang bisa di dapatkan saat berlatih dengan sepeda statis.

#TokoAlatFitness

FOR INFORMATION
Whatsapp: CS TOKO ALAT FITNESS

ORDER HERE
Website : https://www.tokoalatfitness.com/…/sepeda-statis-magnetic-bi…

Instagram:
@tokoalatfitness
Fb :
toko alat fitness com

Website:
www.tokoalatfitness.com
www.alatfitnessoutdoor.com

© Toko Alat Fitness