Rajin Olahraga Tapi Berat Gak Turun Juga?

Apakah Anda salah satu orang yang merasa jika sudah mengatur pola makan dengan melakukan diet ketat dan rutin berolahraga, tapi berat badan tidak turun juga? Nyatanya, ada beberapa kesalahan umum yang mungkin saja Anda lakukan tanpa

sadar sehingga angka di timbangan tidak kunjung merosot meski telah mati-matian diet ketat.

Mungkin hal hal ini yang membuat berat badan anda tidak turun juga. Berikut hal hal yang biasa anda lakukan tanpa anda sadari yang menyebabkan sulit turun.

1. Kebiasaan tidurImage result for tidur

Orang dewasa membutuhkan waktu tidur selama 6-8 jam setiap malam, kebiasaan tidur yang kurang dari 5 jam setiap malam, berkaitan dengan penambahan berat badan.

Kurang tidur bisa memengaruhi hormon yang mengatur nafsu makan dan rasa lapar jadi terganggu. Sehingga Anda menjadi lebih sering makan.

Kurang tidur juga membuat badan terasa lesu sepanjang hari, sehingga membuat Anda malas berolahraga.
2. Kurang minum air putih
Related image

Meminum 2-6 gelas air putih setiap hari bisa membantu Anda menurunkan berat badan. Karena air putih tidak memiliki kalori, sehingga bisa mengobati rasa haus tanpa menambah berat badan.

Cukup minum air putih juga bisa menghindari konsumsi soda, jus atau kopi instan yang memiliki kalori dan gula tinggi, yang sering menjadi penyebab naiknya berat badan.

3. Menunggu terlalu lama untuk makan
Image result for menunggu makan

Mungkin Anda berpikir, bahwa dengan mengulur waktu makan, maka akan bisa menurunkan berat badan. Karena tubuh membakar cadangan lemak di tubuh menjadi energi saat kita menahan lapar.

Akan tetapi, ternyata bila kita memberi jeda waktu yang terlalu panjang di antara waktu makan, maka metabolisme tubuh akan melambat. Hal ini mengakibatkan sistem tubuh tidak bisa membakar semua kalori yang masuk saat Anda makan.

Semua ekstra kalori itu bisa menambah berat badan. Anda juga jadi cenderung makan lebih banyak karena terlalu lapar setelah jeda yang panjang. Cobalah untuk makan dengan porsi kecil dan jeda waktu yang lebih sering.

4. Terlalu sering makan di luar
Image result for menunggu makan

Bila Anda sedang dalam program diet, sebaiknya hindari terlalu sering makan di luar. Karena makanan di luar seringkali memiliki kalori, meskipun makanan yang diklaim tak memiliki kalori seperti salad.

Mereka yang makan di luar pada jam makan siang setiap hari, berat badannya bertambah 2,5kg lebih banyak dibandingkan mereka yang membawa bekal dari rumah.

Membawa bekal sendiri, selain lebih sehat Anda juga bisa mengontrol berapa jumlah kalori yang dikonsumsi dengan menentukan menu sendiri.

5. Duduk sepanjang hari
Image result for duduk sepanjang hari

Anda yang bekerja di depan komputer dan duduk sepanjang hari, bisa jadi sangat sulit menurunkan berat badan. Saat Anda duduk dalam waktu lama, tubuh akan kehilangan kemampuan untuk mendeteksi kapan Anda makan terlalu banyak. Hal ini bisa menyebabkan berat badan naik dan pola makan berlebihan.

Cobalah untuk bangun dari tempat duduk setiap sepuluh menit, lakukan senam kecil atau peregangan, Anda juga bisa berjalan kaki di kantor mengunjungi rekan sekerja, beramah tamah sambil membuat tubuh tetap sehat.

6. Makan banyak setelah olahraga
Image result for abis olahraga makan

Olahraga adalah cara yang baik untuk menurunkan berat badan, karena bisa membakar kalori lebih banyak dan juga membangun massa otot. Tetapi, jika Anda makan banyak setelah berolahraga, maka olahraga yang dilakukan akan sia-sia.

Jaga asupan makanan setelah berolahraga, usahakan jangan meminum soda, atau minuman instan yang mengandung gula berlebih. Makan setelah berolahraga juga harus menghindari makanan yang mengandung lemak tinggi.

7. Sering minum alkohol
Image result for minum alkohol

Segala macam jenis alkohol bisa menambah jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Bila Anda sering minum alkohol lebih dari 3 kali sehari, kemungkinan besar berat badan akan bertambah. Tak peduli jenis alkohol yang dikonsumsi.

Berusahalah untuk membatasi asupan alkohol hanya satu gelas sehari, untuk menghindari penambahan berat badan yang berasal dari kalori dalam minuman beralkohol.

8. Konsumsi makanan ringan berlebih saat stres
Image result for makan makanan ringan

Saat seseorang merasa tegang atau stres, ada kecenderungan untuk makan makanan tak sehat, seperti makanan manis yang tinggi kalori, karena ingin mendapatkan ketenangan dengan cepat dari konsumsi makanan lezat tersebut.

Hal ini berbahaya bagi program diet Anda, karena ada makanan yang masuk ke dalam tubuh saat tubuh tidak memerlukannya.

9. Keputusan makan dengan cepat
Image result for makan cepat

Saat kita dalam keadaan lapar, kita cenderung makan apa saja untuk meringankannya. Hal ini tidak baik dalam program diet Anda, karena bisa menambah berat badan beberapa kilo.

Makanan ringan atau makanan cepat saji yang sering dipilih untuk mengatasi lapar dengan cepat, tidak bisa diserap tubuh dengan baik. Dan juga tidak bisa menggunakannya sebagai energi, seperti kalori dari makanan sehat.

Hal ini membuat Anda cenderung merasa lebih cepat lapar lagi sehingga makan dan minum lebih banyak.

10. Obat-obatan
Image result for minum obat

Beberapa jenis obat untuk kesehatan bisa membuat berat badan Anda bertambah. Contohnya beberapa obat yang mengandung temulawak (curcuma), menambah nafsu makan sehingga secara tak sadar Anda makan lebih sering dan berat badan pun bertambah.

Antihistamin yang berfungsi menurunkan demam juga bisa menambah berat badan. Obat juga bisa memengaruhi tingkat kimia dalam tubuh yang berfungsi mengendalikan nafsu makan, sehingga saat flu sembuh, nafsu makan malah menjadi-jadi.

***

Mengetahui alasan dan penyebab mengapa sulit menurunkan berat badan walau sudah diet, bisa membantu Anda mencapai target memiliki tubuh ideal dengan lebih baik. Ingin memiliki alat fitness yang membantu menurunkan berat badan kamu silahkan kunjungi etalase produk kami dengan menekan tombol d bawah ini

button beli sekarang - Tahukah Anda? Manfaat Sepeda Statis Atasi Alzheimer!

cr: theasianparent