Beranda » Artikel Terbaru » Panduan Pola Hidup Sehat Agar Bugar Tiap hari

Panduan Pola Hidup Sehat Agar Bugar Tiap hari

Diposting pada 3 October 2019 oleh Sukses100m | Dilihat: 41 kali

Saat Anda mengabaikan gaya hidup sehat, maka Anda sejatinya sudah menggadaikan kesehatan Anda di masa depan. Karena itu, segera manfaatkan waktu yang ada saat ini dengan mengubah pola hidup Anda menjadi lebih sehat.

Di artikel ini, saya akan menunjukkan PANDUAN menjalani pola hidup sehat. Saya optimistis panduan ini akan membantu Anda sehat dan bugar setiap hari. Mari kita mulai dengan penyebab hidup tidak sehat terlebih dahulu.

Penyebab Pola Hidup Tidak Sehat

Apa saja kebiasaan yang menjadi penyebab pola hidup tidak sehat itu? Berikut beberapa di antaranya:

merokok - Panduan Pola Hidup Sehat Agar Bugar Tiap hari

1. Merokok
Tidak ada satu pun nilai positif bagi kesehatan dari kebiasan merokok. Asap rokok tidak hanya meracuni perokok, tapi juga orang-orang yang ada di sekitarnya.

Bahkan ancaman penyakit yang diterima oleh mereka yang bukan perokok jauh lebih besar dibanding perokok itu sendiri.

Nikotin yang ada di dalam rokok pun sangat bersifat candu. Itulah kenapa, meski banyak perokok aktif yang tahu keburukan dari kebiasaannya itu kerap sulit untuk berhenti.

alkohol - Panduan Pola Hidup Sehat Agar Bugar Tiap hari

2. Minum Alkohol
Ketika kandungan alkohol di dalam tubuh sudah terlalu tinggi, kesadaran orang yang meminumnya pun akan berkurang.

Selain itu, meminum minuman beralkohol akan menyebabkan kerusakan pada organ tubuh. Seperti jantung, pembuluh darah, hati, dan ginjal.

gorengan - Panduan Pola Hidup Sehat Agar Bugar Tiap hari

3. Makan Gorengan Berlebihan
Gorengan yang dimaksud di sini tidak hanya cemilan yang banyak dijual di pinggir jalan, melainkan semua makanan yang digoreng.

Terutama karbohidrat yang digoreng, karena akan merangsang terbentuknya zat karsigonogenik bernama akrilamida yang dapat memicu kanker.

Tingkat ancamannya akan lebih besar jika Anda sering jajan gorengan di pinggir jalan. Karena tingkat higienis makanan tersebut sangat diragukan. Terlebih, penggunaan minyak goreng yang berkali-kali yang tidak bagus bagi tubuh.

kurang air putih - Panduan Pola Hidup Sehat Agar Bugar Tiap hari

4. Kurang Minum Air Putih
Rasanya sudah banyak himbauan untuk minum air putih 6-8 gelas/hari. Tapi tampaknya yang tidak menghiraukan juga tak kalah banyak.

Gaya hidup di perkotaan cenderung membuat orang untuk memilih minuman bersoda yang terasa menyegarkan, tapi punya akibat buruk jika berlebihan.

Ketika seseorang tidak membiasakan minum air putih maka otomatis dia sudah membahayakan ginjalnya.

Saya pernah melihat langsung akibat tidak terbiasa minum air putih pada seorang teman. Hingga akhirnya ginjalnya bermasalah dan harus meninggal di usia yang relatif muda.

Sekadar info, sebagian besar tubuh manusia adalah berupa cairan. Sehingga ketika tubuh manusia kekurangan cairan, otomatis akan memicu berbagai masalah di dalam tubuh.

kurang olahraga - Panduan Pola Hidup Sehat Agar Bugar Tiap hari

5. Jarang Berolahraga
Orang yang jarang berolahraga karena kesibukan atau memang sudah menjadi gaya hidup akan lebih mudah diserang penyakit dibanding mereka yang hobi berolahraga.

Ketika tubuh jarang dilatih ototnya, maka otot pun akan menjadi kaku. Inilah yang kemudian membuat Anda pun menjadi malas karena badan terasa berat untuk digerakkan.

Semakin lama akan semakin terasa berat dan membuat tubuh pun menjadi kurang sehat. Pendeknya, malas berolahraga hanya akan menurunkan imunitas tubuh.

stres - Panduan Pola Hidup Sehat Agar Bugar Tiap hari

6. Stres
Tekanan pekerjaan atau masalah dalam hidup di masa modern ini memang berat. Ketika Anda tidak bisa mengatasinya, yang muncul adalah rasa stres.

Meski sebenarnya stres lebih merupakan gangguan psikis, tapi akibatnya akan langsung dirasakan oleh tubuh atau fisik.

Seseorang yang mengalami stres cenderung butuh pelampiasan. Dan umumnya yang menjadi pelampiasan adalah makanan. Karena makanan tidak akan protes meski menjadi bahan pelampiasan, bukan?

Parahnya lagi, makanan yang jadi pelampiasan umumnya mengandung lemak tinggi. Ujungnya sudah tentu kondisi tubuh akan memburuk karena terlalu banyak kandungan zat yang tidak bermanfaat di dalam tubuh.

Sebenarnya masih ada banyak penyebab pola hidup tidak sehat yang sudah menjadi kebiasaan masyarakat. Kesulitan mengubahnya menjadi pola hidup sehat menjadi sulit.

Mengapa? Karena umumnya orang tidak menyadari bahwa yang mereka lakukan itu tidak sehat.

Jadi, mulai kenali kebiasaan-kebiasaan kurang baik yang sering Anda lakukan sehingga bisa segera dilakukan pembenahan menuju pola hidup yang lebih sehat.

Anda sudah mulai mengetahui sejumlah penyebab pola hidup tidak sehat. Kini saatnya untuk memulai perubahan yang bisa menjadikan tubuh lebih sehat dan bugar.

Ubahlah pola hidup Anda menjadi lebih sehat dengan PANDUAN. Ini adalah caranya:

cek kesehatan - Panduan Pola Hidup Sehat Agar Bugar Tiap hari

 

1. Cek Kesehatan Secara Berkala
Mencegah lebih baik daripada mengobati. Karena itulah, sangat penting untuk melakukan cek kesehatan secara rutin. Terutama bagi Anda yang akan memasuki atau sudah melewati usia 40 tahun.

Mengapa harus melakukan cek kesehatan secara berkala? Dengan melakukan cek kesehatan, setidaknya Anda bisa mendeteksi secara dini gejala munculnya penyakit berat. Seperti kegagalan jantung, stroke, diabetes yang sulit terdeteksi jika tidak dilakukan pemeriksaan secara detail.

Karena itu lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin setidaknya tiap 6 bulan atau 1 tahun sekali.

 

berhenti merokok - Panduan Pola Hidup Sehat Agar Bugar Tiap hari

2. Enyahkan Asap Rokok
“Merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, dan gangguan kehamilan dan janin”. Para perokok pasti sudah hapal isi peringatan yang selalu ada dalam setiap bungkus rokok yang dibelinya.

Tapi entah kenapa, peringatan tersebut seolah dianggap hanya sebuah tulisan tanpa arti. Padahal bahaya merokok memang persis seperti yang tertera dalam peringatan di setiap bungkus rokok.

Organ yang paling pertama mengalami kerusakan sudah tentu adalah paru-paru. Minimal mengalami peradangan, sehingga membuat napas para perokok menjadi pendek.

 

aktivitas fisik - Panduan Pola Hidup Sehat Agar Bugar Tiap hari

3. Rajin Melakukan Aktivitas Fisik
Pengertian mudah dari aktivitas fisik adalah semua kegiatan yang melibatkan langsung fisik atau tubuh kita untuk bergerak dinamakan aktivitas fisik.

Salah satu aktivitas fisik adalah olahraga. Dari mulai olahraga ringan seperti berjalan kaki, joging, hingga melakukan pertandingan.

Pola hidup sehat adalah dengan rutin melakukan aktivitas fisik. Jangan melakukan aktivitas fisik ketika mau saja. Harus dilakukan secara konsisten.

Jika memang jarang melakukan aktivitas fisik, mulailah dengan hal yang ringan. Seperti push up sekali sehari, atau berjalan kaki selama 30 menit setiap hari.

 

 

diet - Panduan Pola Hidup Sehat Agar Bugar Tiap hari

4. Diet Gizi Seimbang
Jika ingin memiliki pola hidup sehat, Anda harus bisa mengatur asupan makanan. Jangan hanya makan makanan yang Anda mau. Tapi makan makanan yang memang dibutuhkan oleh tubuh.

Salah satu caranya adalah dengan melakukan diet gizi seimbang. Ada tiga prinsip utama yang harus Anda pahami saat melakukan diet gizi seimbang, yaitu:

1. Keragaman makanan
2. Aktivitas fisik yang rutin
3. Perilaku hidup bersih
4. Jika hanya melakukan satu atau dua prinsip saja, artinya Anda belum melakukan diet gizi seimbang. Ketiga prinsip itu harus dijalankan secara bersamaan. Jadi terapkan pola makan dengan makanan beragam dan didukung dengan gaya hidup aktif dan bersih.

 

istirahat betul - Panduan Pola Hidup Sehat Agar Bugar Tiap hari

5. Istirahat yang Cukup
Anda merasakan mood yang kurang stabil? Bisa jadi itu disebabkan karena Anda kurang istirahat.

Melakukan istirahat yang cukup tidak hanya membuat badan lebih segar, tapi juga pikiran dan mood Anda akan lebih terkontrol.

Tidur merupakan bagian dari istirahat. Untuk orang dewasa, waktu tidurnya adalah antara 7-8 jam. Sementara bagi anak-anak jumlah jamnya bisa lebih banyak.

Anak usia sekolah setidaknya butuh tidur minimal 9 jam. Sementara balita harus tidur selama 13-14 jam sehari.

Istirahat merupakan pola hidup sehat yang harus dijaga. Karena dengan mempunyai istirahat yang cukup Anda akan memiliki hidup yang lebih berkualitas. Tubuh Anda akan lebih kuat dari serangan berbagai penyakit.

Selain memperkuat sistem kekebalan tubuh, tidur yang cukup juga akan membuat Anda punya ingatan yang lebih kuat. Karena saat kita tidur, otak akan memproses dan menggabungkan ingatan dari aktivitas sepanjang hari.

 

Semoga PANDUAN di atas memotivasi dan memperkuat niat Anda untuk menjalani pola hidup sehat mulai sekarang.

Bagikan informasi tentang Panduan Pola Hidup Sehat Agar Bugar Tiap hari kepada teman atau kerabat Anda.

Panduan Pola Hidup Sehat Agar Bugar Tiap hari | Toko Alat Fitness

Komentar dinonaktifkan: Panduan Pola Hidup Sehat Agar Bugar Tiap hari

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Popular!
STOK HABIS
Atunas Rompi Pelampung

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

BODY GYM INDONESIA Rp 240.000
Habis / ASSCD1
Rp 240.000
Habis / ASSCD1
Popular!
Scitec Nutrition Protein Pudding

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

BODY GYM INDONESIA Rp 518.000
Pre Order
Popular!
Scitec Nutrition Mega Daily One Plus

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

BODY GYM INDONESIA Rp 418.000
Pre Order
SIDEBAR