Sudah Rajin Olahraga Tapi Perut Belum Sixpack Juga? Ini Alasannya

TOKO ALAT FITNESS

Perut six pack adalah impian banyak pria dan wanita yang gemar menjaga kebugaran tubuh dan berolahraga. Bagaimana tidak, perut yang rata dengan otot-otot perut yang menonjol bisa memberikan kesan kuat dan seksi sekaligus. Banyak orang berusaha mati-matian melatih otot-otot perut mereka agar semakin tampak jelas. Sayangnya, menonjolkan perut six pack bukanlah urusan yang mudah. Meski sudah berlatih untuk waktu yang cukup lama, ada orang yang belum berhasil membentuk six pack yang diidam-idamkan tersebut. Untuk mengetahui lebih lanjut mengapa otot-otot perut atau six pack tak semudah itu dibentuk, perhatikan beberapa hal berikut ini.

Mengenal rektus abdominis

Perut Anda terdiri dari banyak otot. Salah satunya yang paling banyak dikenal adalah rektus abdominis. Dari sinilah istilah abs sebagai kependekan dari abdominis dipopulerkan. Meskipun dikenal sebagai six pack, sesungguhnya rektus abdominis terdiri dari 8 bagian yang tersusun dalam dua baris paralel. Bagian-bagian ini dihubungkan oleh sistem jaringan tebal yang disebut linea alba. Untuk sebagian orang, hanya ada dua atau empat otot yang tampak menonjol pada perut, atau bahkan delapan. Namun, yang paling populer adalah enam bagian.

Rektus abdominis bertugas untuk menjaga postur tubuh dan tulang belakang agar tetap tegak. Otot-otot ini juga berperan penting dalam mengatur pernapasan dan menjaga agar organ-organ dalam tubuh tetap utuh dan menyatu.

Ini berarti setiap orang tentu memiliki six pack atau rektus abdominis di balik bagian perut mereka. Hanya saja pada sebagian orang, otot-otot ini tampak lebih menonjol dan terbentuk.

Bagaimana cara menonjolkan perut six pack?

Untuk menonjolkan perut six pack, Anda perlu melatih otot rektus abdominis Anda dengan rutinitas latihan yang cukup menantang. Anda bisa melakukan latihan sit-upcrunchplank, dan pull-up secara rutin untuk menambah massa otot perut Anda. Proses membentuk rektus abdominis Anda tidak bisa dilakukan secara instan. Butuh waktu mulai dari 3 bulan hingga 20 bulan sampai perut six pack Anda mulai tampak pada perut. Bahkan setelah terbentuk, Anda masih harus terus melatih dan menjaganya karena jika dibiarkan, perut six pack Anda bisa perlahan-lahan menghilang.

Tak semua orang bisa punya perut six pack

Walau berbagai jenis latihan telah dikembangkan untuk membantu mereka yang ingin membentuk otot rektus abdominis, hal tersebut bukan jaminan Anda pasti bisa mencapai bentuk six pack yang Anda inginkan. Seperti ditulis Independent, Dr. Jamie Timmons dari Loughborough University menjelaskan bahwa setiap orang memiliki susunan gen yang berbeda dalam merespon latihan fisik. Ini berarti ada gen yang sangat responsif terhadap latihan fisik sehingga hasilnya dapat jelas terlihat, tapi ada juga yang kurang atau tidak responsif terhadap latihan fisik. Hal ini menjelaskan mengapa ada yang bisa mencapai perut six pack dengan cepat dan ada yang butuh waktu sangat lama atau gagal sama sekali.

Menurut Dr. Jamie Timmons, hanya ada satu dari antara enam orang yang memiliki gen yang responsif pada latihan fisik. Orang-orang dengan respon yang lemah terhadap latihan fisik umumnya hanya bisa menikmati 5% dari peningkatan kebugaran setelah berolahraga dan berlatih fisik sementara mereka yang bisa merespon dengan baik akan mengalami hingga 50% dari hasil latihan fisik yang dijalani.

Selain faktor genetik, seorang peneliti dari University of New Mexico menguak bahwa tidak semua orang memiliki lipatan tendon yang membagi otot rektus abdominis menjadi enam bagian yang sempurna bak papan cuci. Maka, seberat apa pun latihan yang dijalani, otot-otot tersebut tak akan tampak menonjol dengan sempurna seperti pada orang lain.

Alasan lain perut six pack tak kunjung nampak

Selain dua alasan di atas, ada banyak faktor yang menentukan seberapa jelas bentuk abs yang tampak pada bagian perut Anda. Perbedaannya adalah hal-hal di bawah ini masih bisa diperbaiki dan terus dilatih untuk mendapatkan perut rata dan six pack impian Anda.

1. Latihan Anda kurang tepat dan kurang intens

Dengan rezim latihan yang benar, Anda bisa memamerkan abs dalam waktu beberapa bulan. Namun, jika Anda kurang memberikan variasi pada latihan Anda atau Anda tidak rajin berlatih, tentu hasil yang Anda harapkan pun akan semakin jauh. Anda bisa melakukan latihan rutin dari rumah atau dengan bantuan trainer pribadi.

2. Kadar lemak tubuh yang terlalu tinggi

Seberapa pun besar otot Anda, selama kadar lemak tubuh Anda masih tinggi Anda tidak akan mendapatkan hasil six pack yang terbaik. Untuk menonjolkan abs pada perut, Anda harus memastikan kadar lemak Anda berada di sekitar angka 10%.

3. Tidak menjaga pola makan

Perut six pack tidak akan berhasil jika Anda tetap makan sembarangan. Kalau Anda ingin membangun otot-otot perut, perhatikan pola makan Anda. Jangan sampai Anda makan terlalu sedikit atau terlalu banyak. Lebih baik perbanyak makanan yang mengandung protein dan kurangi asupan kalori Anda.

4. Kurang istirahat

Kurang tidur menyebabkan meningkatnya kortisol dalam tubuh. Kortisol bisa memicu pertumbuhan lemak perut yang akan semakin menghalangi pembentukan perut six pack Anda. Selain itu, hormon yang Anda butuhkan untuk pertumbuhan otot biasanya diproduksi selama Anda tidur. Jadi pastikan untuk tidur cukup, yaitu 8 jam sehari.