Beranda » Artikel Terbaru » Beberapa Macam Vitamin yang Baik untuk Pembentukan Otot

Beberapa Macam Vitamin yang Baik untuk Pembentukan Otot

Diposting pada 30 April 2019 oleh admin | Dilihat: 24 kali

Fitness memang ditujukan untuk menjaga kebugaran dan juga pembentukan otot tubuh. Akibatnya, makin banyak orang yang melakukan banyak hal demi mewujudkan “body goal”-nya.  Misalnya, membeli suplemen dengan harga mahal supaya otot makin cepat terbentuk. Namun ternyata, untuk mendapatkan hal tersebut Anda tak harus repot-repot membeli suplemen walaupun terkadang hal itu diperlukan untuk membantu menaikkan proses metabolisme. Cukup dengan memenuhi nutrisi dan vitamin fitness disertai latihan dan olahraga fitness yang teratur.

Vitamin untuk Menunjang Aktivitas Fitness

toko alat fitness

Menurut studi dari Harvard Medical School, orang dewasa memerlukan sebanyak 0,8 gram protein untuk tiap satu kilogram berat tubuh. Jadi sebut saja berat badanmu adalah 70 kg, maka kamu butuh protein sebesar 56 gram dalam sehari.

1. Vitamin A

Orang-orang pada umumnya hanya mengetahui manfaat vitamin A untuk mata. Tapi ternyata, vitamin A erat kaitannya dengan sintesa protein, kunci utama  dalam pembentukkan otot. Vitamin A juga terlibat dalam produksi energi pada tubuh. Karenanya perhatikan asupan sanyawa yang satu ini selama melakukan latihan pembentukan otot.

2. Thiamine  atau Vitamin B1

Vitamin B1 dapat dipakai untuk menambah massa otot. Karena vitamin yang satu ini sangat dibutuhkan untuk metabolisme protein dan pertumbuhan. Selain itu, thiamine juga bermanfaat untuk pembentukan hemoglobin, yaitu protein didalam sela darah merah yang dapat mengangkut oksigen ke otot. Semakin besar kalori yang terbuang selama olahraga, maka semakin besar pula kebutuhan akan thiamine.

3. Riboflavin atau Vitamin B2

Riboflavin ini dapat memproduksi energi pada proses  metabolisme glukossa, oksidasi lemak, dan menipulasi ion hydrogen. Pada umumnya,  para binaragawan tertarik mengonsumsi B2 karena kaitannya dengan metabolisme protein. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Haralambie menunjukkan bahwa supplement B2 meningkatkan reaksi otot saat bermanuver dalam olahraga yang paling sering terlihat pada atlet.

4. Niacin atua Vitamin B3

Niacin atau Vitamin B3 merupakan salah satu vitamin fitness yang memiliki peran pada proses produksi energy pada tubuh  yang cukup penting, yaitu sebanyak 60%. Vitamin yang satu ini bisa diproduksi sendiri oleh tubuh melalui penguraian amino tryptophan (terdapat pada daging kalkun).

5. Pyridoxine atau Vitamin B6

Metabolisme protein, pertumbuhan, dan pengolahan karbohidrat dalam tubuh juga dapat dilakukan dengan asupan pyridoxine yang cukup. Karenanya tubuh akan zat ini cukup tinggi. B6 berkaitan langsung dengan high-protein diet binaragawan.

6. Cobalamin atau Vitamin B12

Cobalamin (Vitamin B12) merupakan salah satu vitamin fitness yang memiliki manfaat yang cukup banyak, terutama bagi Anda yang senang sekali melakukan olahraga berat seperti angkat beban. Yaitu, untuk meningkatkan metabolisme karbohidrat dan maintenance sistem syaraf dari otak ke otot. B12 tersedia dalam makanan yang berasal dari hewan.

7. Ascorbic Acid atau Vitamin C

Banyak orang yang meremehkan dan menganggap vitamin C atau Asam Askorbik ini tak memiliki peran penting sebagai salah satu vitamin fitness dalam proses pembentukan tubuh. Hal itu disebabkan kebanyakan dari belum pernah berolahraga melebihi kemampuan maksimal fisiknya.

Vitamin C mengandung banyak antioksidan yang dapat  melindungi sel-sel tubuh Anda dari radikal bebas, sehingga sel bebas melakukan tugasnya untuk pemulihan maupun pertumbuhan otot. Senyawa yang satu ini juga terlibat dalam mtabolisme asam yang merekatkan otot dan tulang secara bersamaan, Walau kedengarannya sepele, tapi jika Anda latihan beban. Maka resiko yang Anda lakukan pada jaringan connective juga meningkat. Jika jaringan itu tidak sehat serta kuat, maka resiko cedera pun cukup tinggi.

Bagikan informasi tentang Beberapa Macam Vitamin yang Baik untuk Pembentukan Otot kepada teman atau kerabat Anda.

Beberapa Macam Vitamin yang Baik untuk Pembentukan Otot | Toko Alat Fitness

Komentar dinonaktifkan: Beberapa Macam Vitamin yang Baik untuk Pembentukan Otot

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
STOK HABIS
MMA Training Gloves Kettler

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

JUAL ALAT FITNESS Rp 414.000
Habis / ASST40
Rp 414.000
Habis / ASST40
Limited Edition
QUICK ORDER
Archery Compound Bow and Arrow KAIMEI (Panahan dan busur)

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

toko alat fitness Rp 3.900.000
Ready Stock / ASSLL116
Best Seller
QUICK ORDER
Ab Wheel / Body Gym Power Wheel

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

BODY GYM INDONESIA Rp 1.240.000
Ready Stock / ASSEW11
Rp 1.240.000
Ready Stock / ASSEW11
SIDEBAR